Minggu, 13 Mei 2012

Silat Itu Adalah Identitas Dan Harga Diri Bangsa



Seorang insan manusia diciptakan dengan kemampuan pikir (otak), kemampuan rohani (jiwa), dan kemampuan jasmani (tubuh), kemampuan inilah yang ditanam oleh Tuhan kepada ciptaannya sebagai senjata utama untuk tugas nya sebagai khalifah untuk menjaga, merawat, dan melindungi bumi tempat tinggalnya, sejak kecil para insan di didik untyuk memperkuat dan mempertajam karunia yang diberi Tuhan atas dirinya, mereka belajar ilmu pengetahuan untuk mempertajam otaknya, mereka belajar agama untuk mempertajam ruhani dan jiwanya, mereka belajar bela diri untuk memperkuat jasmaninya.

Yang istimewa dari pencak silat adalah kita tidak hanya melatih tubuh dan fisik saja, disana kita juga melatih rohani dengan pesan2 moral yang diberikan oleh guru kita, kita juga ikut melestarikan budaya asli Indonesia, pencak silat adalah salah satu dari identitas bangsa kita, oleh sebab itu prilaku kita membawa nama dan harga diri pencak silat, ada baiknya kita semua bersikap ramah antar sesama pelestari pencaksilat, ada baiknya kita saling menghargai, ada baiknya kita merendahkan hati kita, lupakan siapa niat kita untuk menunjukan bahwa kita adalah yang paling kuat dan paling hebat, kita semua lemah, kita semua tidak berdaya, ingat lah bahwa Sang Pencipta adalah yang paling berkuasa.

Pencak silat itu adalah harga diri bangsa, apakah kita tidak sedih? melihat para pesilat saling menyerang, saling melukai, saling membuktikan siapa yang lebih hebat, kita semua sama, kita semua satu, perbedaan dan keragaman kitalah yang seharusnya dibanggakan oleh bangsa kita, kita kaya jika kita bersatu, dan kita miskin jika kita saling menjatuhkan.

Ayo semua praktisi pencak silat seluruh Indonesia, kita bersatu, kita terapkan cinta damai, rendah hati dan saling menghargai, jangan seperti binatang yang selalu bertarung hanya untuk menunjukan kekuasaan, kita adalah manusia kita berpikir dengan otak, kita mencintai dengan hati, dan kita mertindak dengan jasmani, itulah hakikat kita sebagai manusia. Kita makhluk sosial kita kuat karena bersatu, kita lahir didunia dengan tanggung jawab yang sama yaitu menjaga harga diri bangsa kita.

Sudah saatnya pencak silat indonesia bersatu menjadi satu kesatuan, bukan hanya secara organisasi tapi juga dengan hati, dengan mengingat bahwa manusia itu lemah dan kita harus bersatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar